Siapakah Pelanggan Kantor Samsat?

Pemerintah daerah di dalam mendirikan kantor layanan publik selalu berpegang kepada jumlah pengunjung yang datang. Contohnya kantor samsat. Di berbagai daerah, jumlah layanan publik seperti Samsat bisa banyak jumlahnya. Apalagi di ibukota Jakarta. Hal ini disebabkan karena pelanggan kantor layanan publik tersebut sangat banyak jumlahnya. Siapa saja mereka? Mari kita pelajari bersama-sama.

Adapun pelanggan kantor layanan samsat adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan pembiayaan atau bank. Silakan perhatikan situs Nominal. Mereka di dalam menawarkan program pinjaman jaminan bpkb mobil menyebutkan bahwa nasabah dengan pajak stnk mati atau balik nama bpkb, masih dapat diterima. Dengan asumsi pajak tersebut harus diaktifkan. Dan mereka salah satu pelanggan kantor samsat yang rutin memanfaatkan layanan publik tersebut tiap bulannya.
  2. Perusahaan biro jasa stnk. Selain bekerjasama dengan leasing dan bank, mereka juga melayani perorangan maupun dealer mobil dan motor. Artinya, pelanggan mereka sangat banyak. Mungkin biro jasa stnk adalah pihak yang paling banyak mengunjungi kantor samsat setiap bulannya.
  3. Masyarakat pemilik kendaraan yang ingin urus sendiri perpanjangan stnk maupun balik nama, dan klaim asuransi. Ini juga banyak jumlahnya. Kami mendapatkan info bahwa samsat pekanbaru cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat yang memanfaatkan layanan, khususnya untuk klaim asuransi.
  4. Pihak Asuransi. Biasanya karyawan kantor asuransi juga sering datang ke kantor samsat untuk mengurus pemblokiran stnk dan bpkb, terutama unit-unit yang dinyatakan hilang. Frekuensi kunjungannya memang tidak tinggi, tetapi setiap bulan ada saja yang mengajukan blokir.

Demikianlah penjelasan tentang pihak yang sering memanfaatkan layanan samsat di seluruh Indonesia. Sebagai kantor layanan publik, mereka sampai membuka banyak jaringan demi meningkatkan kecepatan proses kepada masyarakat.